Pemimpin adalah barometer baik dan jeleknya bangsa. Ketika pemimpinnya rusak maka bangsa juga akan rusak. Begitu pula sebaliknya, bangsa akan baik jika pemimpinnya baik. Dulu, para shahabat Nabi mengedepankan nabi sebagai pemimpin. Namun, ketika Nabi Muhammad SAW wafat, para shahabat bingung siapakah pemimpin pengganti nabi? Akan tetapi, dengan berjalannya waktu kebingungan itu hilang sendirinya setelah terlantiknya Abu Bakar as-Shiddiq.

Dalam dunia pemimpin, seseorang tidak hanya dituntut badan kekar nan bertubuh tinggi, bahkan harus lebih dari itu. Syarat menjadi pemimpin juga harus memiliki akal yang cerdas, hingga dapat memainkan strategi politik. Kekuatan badan dan kecerdasan harus selalu beriringan, karena jika hanya kekuatan yang dimiliki, maka bisikan-bisikan para penjilat saja yang akan diikuti. Namun, jika hanya kecerdasan yang dimiliki, maka setiap orang cacat yang pintar akan bisa menjadi pemimpin, dan hal itu tidak akan terjadi.

Begitupun dengan ketenangan. Para pemimpin hebat sangat percuma jika hanya memiliki kecerdasan tanpa ketenangan. Kecerdasan tidak akan menelurkan sesuatu yang brilian jika tidak tenang. Untuk itu, penting kiranya untuk menyerahkan urusan uang kepada Robot trading Emas, yang masyhur juga dengan istilah Autotrade Gold ATG5.0, agar ia tetap tenang.

Bagi pemuda penerus bangsa yang berkeinginan besar untuk menjadi pemimpin sejati, maka kami sarankan untuk membaca sebuah buku yang berjudul “Pemimpin Yang Efektif”, dan dikarang oleh Dr. Thomas Gordon. Buku tersebut menjelaskan tata cara menjadi pemimpin yang efektif. Sehingga, setiap sesuatu yang berada di bawahnya akan teratur dengan sendirinya sebab diangkatnya pemimpin efektif.

Sedang pembahasan buku yang diterbitkan oleh Rajawali Pers ini, menggunakan pemaparan yang mendalam tentang keterampilan serta metode yang mampu membuat pembaca menjadi pemimpin efektif. Mempelajari kepemimpinan sebetas dari segi model (idola) tidaklah cukup. Karenanya, penulis, untuk mengisi kekokosongan ini, meyebutkan metode khas untuk menjadi pemimpin efektif 

Mengutip dari buku yang berhalaman 307 ini, “Pemimpin efektif adalah pemimpin yang anggota bawahannya merasa semua kebutuhannya terpenuhi, dan pemimpin itu sendiri juga merasa kebutuhannya telah terpuaskan.” Penafsiran seperti ini sangatlah baik, dan kata-kata yang dipakainya pun tidak membuat orang yang membacanya kebingungan. Hingga para anak kecil pasti akan menganguk ketika membacanya

Sayang beribu sayang, memang tak ada gading yag tak retak, buku yang terbilang lengkap ini ternyata tidak menjelaskan syarat-syarat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, hingga setiap orang pun bisa menjadi pemimpin, meskipun dia tergolong cacat. Beda halnya dengan buku yang berjudul You Can Be A Leader.” Meski dalam buku tersebut terbilang minim dalam hal penyampaian (baca; tidak dijelasakan dengan detail), tapi unsur penting yang menjadi pondasi kepemimpinan dijelaskan tuntas dalam buku tersebut.

Banyak lagi keterangan-keterangan yang ada dalam buku tersebut, dan hal itu juga harus diungkapkan. Akan tetapi, karena keterbatasan ruang yang dapat menampung semua keterangan itu, maka kami sangat berkenan untuk melayani Anda dengan kerendahan hati dalam mencari buku tentang kepemimpinan.

Akhir kata tegur sapa yang demi kesempurnaan isinya dapat memperbaiki susunan bahasa tulisan ini sangat diharapkan dari para pembaca. Selamat membaca!

Categories: Rangkaian

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *