HitupMP3.comDesakan perubahan zaman menuntut untuk adanya perubahan. Hal ini dikarenakan faktor kebutuhan, ekonomi, bahkan pola pikir yang terus berkembang. Kebutuhan manusia akan sebuah computer tidak terelakkan lagi. Bahkan taka sing lagi  kita temui, banyak masyarakat yang telah menggunakan sebuah komputer jinjing alias laptop. Namun, apakah kita pernah berpikir tentang sejarah keduanya ?

Komputer adalah salah satu alat paling modern yang pernah diciptakan manusia. Computer berasal dari kata latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Juga to compute (inggris) yang berarti berhitung. Namun pengertian computer dewasa ini bukanlah semata-mata sebagai alat hitung, tetapi lebih luas mencakup alat hitung dengan konstruksi elektronika yang mempunyai storage internal (tempat penyimpanan) dan bekerja denganbantuan system operasi (operating system) menurut program yang diberikan kepadanya.

Namun demikian, computer yang kita temui saat ini adalah hasil evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu. Lahirnya alat hitung tradisional dan kalkulator mekanik merupakan cikal bakal lahirnya mesin computer. Abacus (siphoa) adalah alat hitung tertua dan dikenal sejak tahun 460 SM. Abacus termasuk alat penghitung digital, dimana posisi akhir perhitungan diperlihatkan melalui posisi cincin pada seutas kawat. Alat ini dapat digunakan untuk melakukan perhitungan dengan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak.

Revolusi dimulai pada abad XIX, sebelum computer modern lahir, yaitu adanya computer analog. Perancang Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan diferensial (differensial analyze) di tahun 1931, yang kemudian diproduksi oleh MIT (Massachusetts Institute of Technology). Alat ini berguna untuk memecahkan persamaan diferensial pada beberapa cabang ilmu matematika.

Langkah besar selanjutnya adalah penemuan konsep program yang tersimpan di dalam memori. Pada zaman dahulu, setiap kali proses dilaksanakan, program maupun data dimasukkan ke dalam computer. Jadi, computer hanya perangkat keras tanpa instruksi dasar yang tersimpan. Mesin seperti ini oleh Donovan disebut Bare Machine (mesin telanjang).

Kemudian era laptop bermula ketika dunia teknologi computer pribadi menjadi pembicaraan serius pada awal tahun 1970. Definisi laptop itu sendiri ialah komputer pribadi portable atau mudah dibawa (mobile). Nama laptop itu sendiri diambil dari cara orang menggunakan komputer ini. Dahulu, computer pribadi ini sering digunakan di atas pangkuan, sehingga diberi nama  lap top  (atas pangkuan).

Pada tahun 1981, muncullah Osborne 1 yang dirilis pada bulan April. Laptop ini menggunakan zilog Z8 dengan berat 10,7 kg (cukup berat untuk ukuran laptop), belum termasuk baterai. Namun penjualan Osborne Computer Corporation mengalami sukses dengan terjualnya 11.000 buah laptop selama 8 bulan

Awal 2008, Apple meluncurkan Apple MacBook Air. Sebelumnya, tahun 2004, Sony VAIO X505 merupakan laptop dengan pencapaian impresif dengan ketipisan dan keringanannya. Tetapi MacBook Air dating dengan ide lebih tipis lagi. Dengan chip Intel baru dan baterai non-removable, tetapi tanpa drive optic, MacBook Air menjadi bintang pada Mac World 2008

Perkembangan teknologi computer telah banyak membawa perubahan pada computer portable atau laptop ini. Desain yang semakin ramping, bobot yang semakin ringan , dan kemampuan menghemat daya menjadi bagian penting dalam perkembangan laptop berikutnya . Maka, penggunaan laptop pun menjadi sebuah tren baru di tengah-tengah masyarakat pengguna PC. Bukan sebatas kebutuhan, tetapi sudah menjadi gaya hidup.

Berbicara sebuah laptop, ada sebuah situs yang mengulas tentang cara cek suhu laptop. Tidak hanya bahas laptop, situs yang bernama bahasbersama.com juga membahas Cara Cek Kesehatan Hardisk Macbook, serta seabrek ulasan teknologi lainnya. Bagi yang penasaran, kalian bisa kunjungi situs tersebut, ya!

Salah satu perkembangan teknologi laptop yang sedang ramai saat ini adalah laptop dengan teknologi instant on. Teknologi ini dapat didefinisikan dengan laptop menyala / booting dengan waktu relatif singkat, yaitu dua detik.

Nah, dapat disimpulkan bahwa perkembangan zaman menumbuhkan gaya hidup baru. Dengan adanya laptop , tentu kita dengan mudah mengolah data,mengerjakan tugas,bahkan melakukan presentasi secara mobile , daripada sebuah PC yang tidak fleksibel. Sekarang tergantung kita, mau menggunakan teknologi dengan bijak atau tidak ?

Categories: Artikel

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *