Pentingnya Menjaga Lingkungan

  • Bagikan

Lingkungan adalah sebuah lingkup dimana manusia hidup, mereka tinggal didalamnya,baik ketika bepergian maupun bermukim. Sebagai tempat mereka kembali, baik dalam keadaan rela maupun terpaksa.sebagai titipan yang harus dijaga terlebih dipondok ini .

Segala usaha pemeliharaan lingkungan sama halnya dengan  menjaga Agama  , karena pada awalnya manusia diciptakan sebagai khalifah di Bumi yang bertugas untuk menjaga dan merawat bumi ini, oleh karena itu pencemaran lingkungan juga termasuk perbuatan dosa karena dengan melakukanya berarti kita tidak bisa menjaga amanah yang telah dititipkan kepada kita .

Lingkungan adalah faktor yang penting dalam kehidupan kita terlebih dalam hal kesehatan ,lingkungan yang sehat dapat menciptakan pribadi yang kuat dan berpikiran jernih, hal itu juga  berlaku sebaliknya. Banyak faktor yang dapat mencemari lingkungan kita sebagai contoh yang sering terjadi di sekitar kita adalah pembuangan sampah tidak pada tempatnya atau juga dengan penumpukan sampah yang berlebihan. Dengan kita menjaga kesehatan diri kita dan lingkungan sekitar, kita dapat belajar dengan tenang dan lebih fokus, lain halnya jika kita belajar dalam keadaan lingkungan kotor dan jorok ditambah lagi dengan beban pikiran yang mengganggu kita, apalagi dengan beberapa penyakit yang sering menghantui warga pesantren yakni penyakit gatal-gatal (Gudik / Scabies) .

Di Pondok pesantren ini kita hanyalah tamu yang menumpang ,oleh karenanya setidaknya kita harus berlaku sebagai tamu yang baik dengan selalu menjaga barang dan fasilitas yang disediakan oleh tuan rumah.

Ada banyak program peduli lingkungan yang diadakan oleh berbagai instansi dan daerah seperti “satu sampah seribu barokah “, “semut Ibrahim” dan masih banyak lagi kegiatan lainya , hanya saja masih ada beberapa orang yang kurang sadar dengan pentingnya menjaga lingkungan bagi diri mereka dan bagi orang lain. 

Pentingnya menciptakan pemikiran peduli lingkungan harus dilakukan sedini mungkin mulai dengan mendatangi Konsultan Amdal. Amdal adalah analisis dampak lingkungan yang wajib ada bagi setiap pelaku manufakturing dalam negeri. Hal tersebut bertujuan sebagai salah satu bentuk konservasi alam agar tidak rusak akibat produksi usaha.

Jadikan peduli  lingkungan sebagai kewajiban bukan sebagai beban , karena lingkungan yang kita jaga dampaknya akan kembali kepada diri kita sendiri mulai dari menjaga kebersihan diri kita disekolah maupun di daerah . orang yang berpenampilan bersih akan lebih berwibawa daripada orang yang berpenampilan kumuh dan jorok, orang yang beraroma wangi lebih disukai daripada orang yang berbau tak sedap.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.