Ngapain Takut Kaya?!

  • Bagikan

Kekayaan merupakan hal yang sangat diinginkan oleh orang, baik dari kalangan bawah atau kalangan elit. Hanya saja banyak dari manusia yang ingin kaya namun, tidak mau bekerja keras dan memeras keringat. Padahal, semuanya butuh keuletan, kerja keras dan juga kesabaran.

Kalau kita melirik terhadap sejarah para nabi, semua nabi memiliki pekerjaan sebagaimana manusia biasa. Akan tetapi tetapi para nabi bekerja hanya sekedarnya saja, dengan artian mereka para nabi bekerja hanya sebagai sampingan dari pada hidupnya, sehingga pekerjaan ataupun aktivitas mereka sama sekali tidak mengganggu terhadap ibadahnya terhadap dzat yang menciptakan.

Suatu ketika ada seorang yang mendatangi tokoh sufi yang tidak begitu peduli terhadap gemerlap kehidupan duniawi, orang itu bertanya terhadap tokoh sufi tersebut, Tuan! kenapa tuan tidak mau kaya. Aku takut kalau nanti aku kaya aku akan terjerumus terhadap kekayaan itu, sehingga aku lupa terhadap nikmat tuhanku. Jawab si sufi.

Orang yang bertanya itu pun mengelus dada, dihatinya pun terucap “Ya Allah orang seperti inilah yang seharusnya kaya, karena kalau orang ini kaya maka kekayaannya tidak akan dinikmati sendiri. Namun sungguh disayangkan; orang yang kaya gak mau sufi dan yang sufi gak mau kaya” Kenapa harus takut kaya, sahabat nabi pun banyak yang kaya. Utsman bin Affan, Sayidah Khadijah sehingga ketika beliau menjadi istri nabi semua hartanya disumbangkan terhadap perjuangannya nabi. Hingga Sayyidah Khadijah menyampaikan “Kanda! Saya minta maaf karena hanya ini yang bisa aku persembahkan terhadap perjuangan dakwahmu. Jika nanti kalau aku sudah mati dan dikuburkan, kanda bisa mengambil tulang belulangku terserah kanda, mau jadikan apa tulang belulangku itu.” Seperti itulah kekayaan para sahabat di zaman dahulu, kendatipun mereka kaya, kekayaannya dibuat untuk agama dan perjuangan Nabi Muhammad saw.

Dari sana, bagi Anda yang memang menginginkan menjadi kaya, mari, rintislah perusahaan. Namun, jangan lupa perencanaannya yang matang. Biar lebih matang lagi, silahkan datangi Jasa pembuatan studi kelayakan dan Jasa pembuatan bisnis plan, bagi Anda yang ingin merencanakan bisnis besar. Yang paling terakhir, jangan lupa berdoa, ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.