Tak dapat dipungkiri bahwa Indonesia memiliki aneka ragam kekayaan alam. Di antaranya ialah Pantai Pandawa di pulau dewata, Gunung Rinjani yang merupakan puncak tertinggi ke 3 di dunia, dan pemandangan bawah laut Bunaken yang begitu eksotis. Dengan beberapa tempat wisata ini, Indonesia dapat dikenal di Mancanegara. Dan tak sedikit orang asing yang berkunjung ke bumi pertiwi ini hanya sekedar untuk menikmati keindahan ciptaan tuhan.

Jika melihat fakta yang ada, kebanyakan orang indonesia memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam berwisata. Sebagian orang berwisata hanya sekedar melepas penat, menghilangkan kejenuhan, bahkan hanya menghambur-hamburkan uang. Dan hal ini jelas tujuan yang kurang bermanfaat. Dan juga ada yang menjadikan wisata sebagai mata pencaharian, seperti salah satu acara di stasiun televisi swasta. Hal ini bukan tanpa tujuan, tapi untuk mengenalkan kekayaan wisata yang kita miliki.

Setelah kami teliti, beragam cara untuk berwisata di Nusantara ini. Namun dapat dikelompokkan menjadi dua cara, sebagai berikut: 

Cara sederhana ala Backpacker 

Cara sederhana ini sering disebut dengan Backpacker. Cara ala backpacker  sering dipakai oleh para pelancong yang memiliki budget minim. Mereka lebih suka berwisata cukup dengan satu tas punggung dan mencari spot wisata yang murah meriah. Mereka lebih tertarik menyusuri tempat-tempat dengan berjalan kaki daripada menyewa mobil, dan lebih suka mendirikan tenda di alam terbuka daripada bermalam di hotel mewah, yang pasti hal ini lebih menarik dan menantang bagi mereka.

Ngomong-ngomong perihal wisata dengan harga terjangkau, Anda bisa merasakan paket tour belitung murah dengan mengeklik disini.

Cara mewah ala Travelling 

Cara ini dilakukan oleh kalangan menengah keatas. Mereka memiliki budget yang memadai untuk berwisata dengan fasilitas mewah, seperti sky diving bawah laut, menikmati pemandangan alam dengan cara paralayang, menyewa tour guide di setiap perjalanan,hingga bermalam di hotel kelas atas. Pastinya hal itu memakan biaya yang tidak sedikit. 

Di balik itu semua, dari setiap perjalanan wisata tentunya memiliki manfaat tersendiri. Jika kita mau berpikir sejenak, banyak manfaat yang kita peroleh dengan berwisata.  Berikut kami simpulkan manfaat tersebut:

Pertama: Bersyukur atas nikmat Allah. Dengan berwisata misalkan ke pegunungan, pantai, air terjun, kita dapat merasakan betapa besar karunia Allah kepada kita. Allah masih memberikan nikmat waktu, jasmani,dan rohani untuk menghirup udarara segar gunung, memandang matahari terbenam di pinggir pantai, bahkan merasakan dingin dan segarnya air terjun. 

Kedua, Berpikir atas ciptaan Allah. Coba kita renungi bersama, Setiap kita temui tempat wisata alam, betapa maha kuasanya Allah. Jika bukan tuhan kita yang Maha Agung, dzat mana yang dapat menciptakan begitu gagahnya gunung, eksotisnya laut, dan indahnya air terjun ? Pasti akan mucul di hati kecil kita, hal ini pastinya ciptaan Allah yang Maha berkehendak. 

Oleh karena itu, kita sebagai umat islam dan penduduk Indonesia, hendaknya menjaga,merawat,dan melestarikan negeri yang indah ini. Agar anak cucu kita kela juga bisa merasakan Agungnya ciptaan Allah yang tak terbantahkan. Sudah jelas di dalam Al-Qur’an dijelaskan, bahwa Allah menciptakan manusia di muka bumi sebagai khalifah. Maka, jadilah khalifah yang berakhlaqul karimah dan amanah. wassalam.

Categories: Artikel

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *