Dulu Pemandu Wisata, Kini Menjadi Bos Alibaba

  • Bagikan
jackma

Pernahkah kamu jalan-jalan ke pantai atau destinasi lain? Di sana pasti Anda pernah menjumpai pemandu wisata. Nah, pada cerita kali ini, saya akan membahas perihal pemandu wisata yang akhirnya menjadi deretan orang terkaya di dunia.

Namun, sebelum lanjut, berbicara wisata, kami teringat dengan Wisata Green canyon, yang menyediakan Paket Body rafting Green canyon. Bagi yang penasaran, bisa langsung cek websitenya, ta, gaes. Oke. Lanjut!

Orang itu tidak lain adalah Jack Ma. Tak ada sedikitpun yang terlintas dari bayangan seorang Jack Ma, bahwa ia akan menjadi seseorang miliuner suksek seperti sekarang ini, padahal kehidupan Jack Ma boleh dikatakan ‘Tidak berjalan dangan mulus, juga pendidikan yang ia milikinya bisa di bilang tidak begitu cemerlang.

Sejak kecil masih seorang Ma ini tidak lepas dari yang namanya masalah, salah salah satunya, Ma sering bertengkar dengan temannya, lantaran mereka sering mengejeknya. Di samping itu, memang postur tubuh Ma amatlah kecil dan memiliki perawakan muka yang ‘culun’.

Ma menyadari bahwa dirinya lemah dalam bidang pendidikan, lebih-lebih pelajaran matematika. Kehidupan Ma mengenai pendidikan tak sesuai dengan kesuksesan sekarang ini. Hanya penolakan-penolakan yang ia dapatkan untuk masuk di sebuah lembaga pendidikan. Oleh sebab inilah, Ma dianggap bodoh mulai sejak kecilnya.

Lalu Apakah karena kata-kata ‘tolak’ dapat membuat Ma menyerah! oh tidak, karena meskipun ia tidak diterima di pendidikan mana saja, masih ada satu impian yang ingin ia gapai, apa? Belajar bahasa Inggris.
Bahasa Inggris adalah sesuatu yang sangat penting bagi Ma. Impiannya sejak dulu ingin menjadi pemandu wisata di daerah kelahiranya (Tiongkok).

Demi mencapai impiannya, Ma rela bangun lebih awal dari sebelum-sebelumnya, kemudian pergi dengan mengayuh sepedanya hingga tiba di Hotel Distrik West Lake Hangzhou. Tujuannya hanya satu, ingin belajar dan melatih bahasa Inggris dengan orang turis yang tinggal di hotel tersebut. Kebetulan juga pada waktu itu Tiongkok, tepatnya Hotel Distrik West Lake Hangzhou kedatangan tamu besar dari Amerika Serikat (Presiden Richard Nixon).

Setelah kunjungan itu banyak orang turis yang berkunjung ke daerah kelahirannya. Hal ini menjadikan kesempatan besar bagi Ma untuk melatih bahasa Inggris dengan cara menjadi pemandu wisata. Menariknya seorang Ma ini rela menjadi pemandu wisata tanpa di bayar sepeserpun, hingga orang asing memanggilnya ‘Jack’ Jack Ma. Sayangnya, usaha yang Ma lakukan tidak sepadan dengan apa yang ia peroleh. Penolakan tetap saja ia rasakan untuk bisa diterima di berbagai Universitas.

Pada akhirnya Ma tetap bersikukuh untuk belajar lebih giat dan lebih matang dari pada sebelumnya, sehingga ia bisa diterima di salah satu University Hangzhou Teacer’s Institute, akan tetapi bagi Ma, meskipun sukses di pendidikannya, ia tetap tidak meninggalkan pekerjaannya sebagai pemandu wisata, karena hal ini lebih melatih Ma supaya terbiasa berbicara bahasa Inggris.

Pada tahun 1988, Ma dinyatakan lulus, akan tetapi Ma tidak langsung mendapatkan sebuah pekerjaan selain pekerjaannya sendiri (pemandu wisata) ‘’Apakah Ma menyerah sampai di sini? Tentu saja tidak, bagi Ma kegagalan adalah sesuatu hal yang dapat menumbuhkan kesemangatan baru.

Di tahun 1995, Ma memutusakan untuk pergi ke Amerika As, tempat pamannya tinggal. Bersama temannya, Ma membuat website yang di beri nama China Yellow Page, tapi tidak berseling waktu yang cukup lama, laman baru ini diputuskan untuk dibubarkan.

Tidak menyerah sampai di sini, Ma sempat merintis pasar online bersama 17 rekannya dan kemudian terbenktuklah yang namanya Alibaba. Konsep Alibaba ini menarik banyak orang untuk bisa masuk dan diterima sebagai anggota Alibaba.

Perubahan Ma besarta rekan-rekannya sangat begitu drastis, bahkan bisa juga dikatakan Ma menyimpan inventasi US$ 5 juta dari GoldMan Sanchs dan US$ 20 juta dari Softbank.

Sekarang, kerja keras Ma bukanlah sebuah kegagalan lagi, melainkan kesuksesan semata. Sudah terbukti, kesuksesan Ma ini berhasil tumbuh besar lewat Taobao Place pada tahun 2003. Diikuti oleh Alipay, AliMaMa juga Lynx, bahkan Ma dipilih dari salah satu pemimpin terbaik pada tahun 2004, dan kemudian Ma dikenal dengan sebutan Trilion Hou (Manusia Triliun Yuan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.