Cara Meningkatkan Imun Tubuh Secara Alami dan Islami

  • Bagikan

Sistem imun adalah salah satu fungsi tubuh yang amat penting. Pasalnya tanpa sistem imun tubuh akan mudah terkena virus, bakteri dan penyakit. Sistem imun ini juga disebut sistem kekebalan tubuh. Tentunya meningkatkan kinerja Imunitas tubuh di masa pandemi ini sangatlah penting agar tubuh selalu sehat tanpa terinfeksi berbagai macam varian virus. Nah, ada banyak cara untuk meningkatan sistem imun ini diantaranya adalah menjaga pola hidup sehat dengan cara berolahraga secara rutin serta menjaga pola makan sehat dengan banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Dan ini merupakan ikhtiar seseorang secara lahiriah.

Dalam Islam juga ada usaha meningkatkan imunitas secara batiniyah yaitu dengan cara meningkatan kualitas keimanan kita kepada Allah. Beriman kepada Allah sebagai tuhan yang maha tunggal, tak ada satupun selainnya yang berhak disembah, selain Allah adalah ciptaannya. Baik terlihat secara kasat mata atau tidak. Disaat keimanan seorang Muslim bertambah kuat terhadap Allah maka tak ada satupun makhluk yang ia takuti selain Allah dan tak ada yang diharapkan selain berharap hanya kepadanya semata. Jika Allah bisa menciptakan sesuatu, tentu sangat mungkin baginya menghilangkannya. Seorang Muslim akan mendapatkan ketenangan dihatinya setelah keimanannya bertambah kepada Allah.

Adapun cara lain untuk meningkatkan imunitas adalah dengan cara mengikuti pola hidup sehat yang terapakan oleh Baginda Nabi Muhammad ﷺ. Karena selain seorang nabi yang diperintahkan menyampaikan syariat, juga sebagai pemberi teladan yang baik kepada umat, baik dengan tingkah laku yang mulia ataupun pola hidup yang baik. Di antara pola hidup yang baik yang telah diajarkan dan di praktekan oleh beliau adalah bangun malam, membaca al Quran, zikir, dan Sholat Subuh.

Bangun malam untuk beribadah kepada Allah adalah salah satu amaliah sehari-hari beliau. Beliau tidak pernah meninggalkan amalan satu ini kendati pun disaat beliau sedang sakit. Sebagimana yang di firmankan oleh Allah dalam surat al Muzammil ayat اِنَّ نَاشِئَةَ الَّيْلِ هِيَ اَشَدُّ وَطْـًٔا وَّاَقْوَمُ قِيْلًاۗ 6. Sungguh, bangun malam itu lebih kuat (mengisi jiwa); dan (bacaan pada waktu itu) lebih berkesan. 

Membaca al Quran adalah suatu ibadah yang mulia sebagaimana telah tertulis di berbagai macam kitab klasik. Seperti kitab Itqan karya imam Jalaluddin Muhammad bin Abdur Rahman as-Suyuthi. Beliau menjelaskan bahwa antara membaca al Quran dengan melihat langsung al Quran terdapat pahala tersendiri. Seseorang bisa mendapatkan pahala al Quran hanya dengan melihat saja dan mendapatkan pahala lebih jika ia membacanya. Begitu juga sebaliknya.

 Dr Ahmed Al-Qadhi di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat, melakukan sebuah riset dan berhasil membuktikan hanya dengan mendengarkan dan membaca ayat suci Alquran mampu menangkal berbagai macam penyakit. Penemuan yang sama juga dilakukan Muhammad Salim yang dipublikasikan oleh Universitas Boston.

Keduanya menyatakan bahwa membaca Alquran dengan bersuara akan membuat vibrasi atau getaran yang membuat sel-sel yang sudah rusak pada tubuh akan kembali sembuh dan bekerja dengan baik kembali.

Hal ini selaras dengan firman Allah Ta’ala, “Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman” (QS 17:82).

Amalan ketiga untuk tingkatkan imunitas diri di awal pagi adalah dengan shalat Subuh. Dalam hadis riwayat Muslim disampaikan bahwa Nabi Shalallahu Alaihi wa Salam bersabda, “Barangsiapa yang shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah.”

Shalat Subuh akan membuat diri kita dijamin oleh Allah. Dijamin rezekinya, dijamin keselamatannya. Juga dijamin insya Allah dari wabah corona yang mengkhawatirkan. 

Namun, kita juga harus memiliki obat penawar herbal. Seperti PT Herba Penawar Alwahida Indonesia, yang kemudian dikenal sebagai HPAI, merupakan salah satu perusahaan Bisnis Halal Network di Indonesia yang fokus pada penyediaan produk-produk barang konsumsi (consumer goods) yang halal dan berkualitas. HPAI, sesuai dengan akta pendirian perusahaan, secara resmi didirikan pada tanggal 19 Maret 2012. Anda bisa mendapatkannya di beberapa lapak yang jual produk HNI, seperti wiaamrifqi.com. Oh, ya, di sana juga menyediakan jasa seo lamongan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *